SURURI : “SEHARUSNYA PLT. BUPATI PECAT KEPALA OPD MINIM KINERJA”

Sururi Mujib, Direktur Lembaga Kajian Strategis

Centininews-Pemecatan Direktur percetakan oleh Plt. Bupati Kudus Hartopo mendapat apresiasi dari banyak pihak, tak terkecuali Direktur Lembaga Kajian Strategis (LKISS) Sururi Mujib. Sururi menilai, hal ini merupakan langkah yang baik untuk peningkatan kinerja pada perusahaan daerah lainnya di Kudus. Menurut dia, permintaan pemecatan ini merupakan masukan dari warga pada media sosial beberapa waktu yang lalu, dia mendengar ada salah satu Direktur Perusahaan daerah yang tidak pernah melaksanakan tugasnya dan hanya datang waktu mengambil gaji saja.

“saya mengapresiasi tindakan tegas Plt. Bupati memecat direktur percetakan, ini langkah berani yang dilakukan Plt. Bupati dari hasil masukan masyarakat yang sudah kita sampaikan melalui media sosial, kemudian di tindak lanjuti dengan hal tersebut oleh Plt. Bupati”, Ujarnya dikantor Centini (9/2).

Baca Juga   Kejaksaan Tangkap Pejabat PDAM Kudus

Selain itu, Sururi berpendapat, jangan berhenti hanya evaluasi pada perusahaan daerah saja. Dia minta agar evaluasi ini berlanjut pada Kepala OPD, hal ini dikarenakan masih banyak Kepala OPD yang minim prestasi dan minim kinerja serta bekerja seadanya saja. Menurut penilaiannya masih banyak Kepala OPD belum mengerti Visi Misi yang dibawa Bupati, sehingga kinerjanya patut dipertanyakan. “saya minta Plt, Bupati selain memecat Direktur Perusda, juga dapat mengganti atau memecat Kepala OPD yang tidak berprestasi atau minim kinerja” tegas Sururi.

Dia menyakini jika setiap OPD pasti sudah diukur target output dari kinerjanya, sehingga tidak ada alasan untuk Kepala OPD tidak memenuhi target kinerjanya. Penilaian sudah dilaksanakan oleh Plt. Bupati dengan pemberian reward kepada OPD dengan penilaian akuntabilitas kinerja dalam SAKIP. “Plt Bupati beberapa waktu yang lalu memberikan penghargaan kepada OPD berprestasi, selain memberikan apresiasi seharusnya Plt Bupati juga  mengevaluasi OPD yang nilai kinerjanya rendah, tegasi saja, seharusnya Plt Bupati pecat kepala OPD minim kinerja, saya sebagai penerima layanan pemerintah akan selalu memberikan masukan ke Plt Bupati terkait kinerja anak buahnya”, terangnya.

Baca Juga   Pemaksaan siswi nonmuslim pakai jilbab di sekolah harus dihentikan

Peningkatan kinerja ini, Sururi berharap Plt Bupati dapat benar-benar melakukan evaluasi Kepala OPD, agar dapat mengimplementasi Visi Misi Bupati yang telah ditetapkan, agar kesejahteraan masyarakat Kudus dapat terwujud. “saya berharap, kedepan bagaimana Plt Bupati benar-benar melakukan evaluasi atas kinerja Kepala OPD, cari yang benar-benar dapat mengimplementasikan visi misi bupati”, pungkasnya. (Tris)

Tinggalkan Balasan