Setiap Kecamatan di Kudus Ikut Pelatihan Cara Pemulasaraan Jenazah Covid-19

Peserta perwakilan seluruh kecamatan di Kudus. (Foto: istimewa)

 

Centininews, Kudus – Untuk membangun kepercayaan masyarakat dan menepis stigma negatif terhadap tata cara pemulasaraan serta pemakaman jenazah terindikasi covid-19 di Kabupaten Kudus, dilakukan pembukaan sekaligus pelatihan pemulasaraan jenazah dengan standar protokol kesehatan di Aula BPBD Kabupaten Kudus.

Plt Bupati Kudus, H. M. Hartopo, memberikan apresiasinya dan mendukung penuh kegiatan ini. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pemulasaraan dan pemakaman jenazah.

“Saya mengapresiasi kegiatan pelatihan pemulasaraan dan pemakaman jenazah yang terindikasi covid. Saya juga turut berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah terjun langsung dalam penanganan jenazah ini yang rela mengorbankan waktunya, tak kenal lelah, dan selalu semangat dalam hal kemanusiaan,” ucapnya.

Baca Juga   Jateng targetkan vaksinasi nakes selesai 25 Januari 2021

Hartopo berharap dengan diadakannya pelatihan pemulasaraan jenazah ini, masyarakat dapat yakin bahwa setiap prosesi yang dilakukan tim nakes telah sesuai syariat yang diyakini.

“Dengan diadakannya pelatihan pemulasaraan dan pemakaman jenazah ini, diharapkan masyarakat dapat yakin bahwa penanganan yang dilakukan oleh tim nakes telah sesuai syariat dan sesuai standard protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Pihaknya juga menanggapi, jika banyaknya pro kontra di dalam masyarakat terkait pemulasaraan jenazah yang dilakukan secara standard protokol kesehatan Covid-19.

“Perlu diketahui bersama, mengapa perlu dilakukan pemulasaraan dan pemakaman jenazah yang terindikasi atau menunjukkan gejala covid. Karena semua ini semata-mata bentuk antisipasi terhadap kemungkinan yang terjadi,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Kudus, Asyrofi Masyitoh, menegaskan bahwa mulai saat ini, tidak akan ada lagi jenazah yang dikebumikan tanpa dilakukan pemulasaraan terlebih dahulu.

Baca Juga   Mantan kades di Pati ngaku jadi wartawan masuk tempat karaoke saat PPKM

“Setelah pelatihan ini, saya menegaskan tidak akan ada lagi jenazah yang dikebumikan tanpa dilakukan pemulasaraan terlebih dahulu. Semua jenazah akan diperlakukan dengan layak sesuai syariat dan protokol kesehatan yang berlaku,” tegasnya

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus, H. M. Hartopo, dan dihadiri oleh MUI Kabupaten Kudus, BAZNAS, IDI, Kepala OPD terkait, serta para peserta pelatihan pemulasaraan jenazah yang diwakili oleh setiap kecamatan.

 

ReporterĀ : Siti Rahayu

EditorĀ : Sifa Handayani

Tinggalkan Balasan