Prediksi cuaca ekstrim hingga Senin 22 Februari 2021

Semarang (CENTININEWS) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca ekstrim di Jawa Tengah (Jateng) untuk tiga hari kedepan. Sejumlah wilayah di Jateng diprediksi masih akan diguyur hujan dengan intensitas hingga lebat.

Kepala BKMG Stasiun Ahmad Yani Semarang dalam rilisnya Sabtu (20/2/2021) menjelaskan cuaca ekstrim dalam beberapa hari ini masih terus membayangi. 

Hal itu berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer, yang menunjukkan adanya pola sikonal, berupa tekanan rendah di selatan Indonesia, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi), serta daerah belokan angin (shear).

”Selain itu, didukung suhu laut yang cukup hangat, masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah,” kata Sutikno.

Baca Juga   Informasi Penundaan Seminar Hukum Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Daerah

Menurut dia, berdasarkan kondisi itu, diprakirakan dalam periode tiga hari ke depan, potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Jateng.

Berikut prediksi cuaca ekstrim:

Sabtu (20/2/2021): Brebes, Kota/Kabupaten Tegal, Kota/Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Kota/Kabupaten Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Purwodadi, Wonosobo, Temanggung, Salatiga, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Kota/Kabupaten Magelang, Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Boyolali dan sekitarnya.

Minggu (21/2/2021): Brebes, Kota/Kabupaten Tegal, Kota/Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Kota/Kabupaten Semarang, Wonosobo, Temanggung, Salatiga, Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Kota/Kabupaten Magelang dan sekitarnya.

 Senin (22/2/2021): Brebes, Kota/Kabupaten Tegal, Kota/Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Kota/Kabupaten Semarang, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Salatiga, Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Kota/Kabupaten Magelang, dan sekitarnya.

Baca Juga   Selasa 16 Februari 2021, kematian covid-19 di Jateng capai 9.067 orang

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir, diikuti angin kencang. 

“Dalam kondisi ini, dampak yang dapat ditimbulkan adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” kata Sutikno. (*/ap)

Tinggalkan Balasan