Mawar Hartopo: Rumah Gizi Bintangku Diharap Jadi Percontohan di Kecamatan

Mawar Hartopo bersama DKK Kudus kunjungi rumah gizi usai bagikan paket asupan nutrisi. (Foto: Siti Rahayu/centininews)

 

Centininews, Kudus – Usai memberikan paket asupan nutrisi pada 200 ibu hamil, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) bersama TP PKK Kudus menyambangi Rumah Gizi Bintangku di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus, Kamis (10/9).

Wakil Ketua 1 TP PKK Kudus, Mawar Hartopo mengatakan, rumah gizi ini seharusnya sudah ada jadwal launching beberapa bulan yang lalu, tetapi karena ada pandemi seperti ini sempat batal. Tetapi dari penyelenggara sendiri tetap berjalan.

“Dan ternyata lengkap sekali di sini dan bisa menjadi percontohan di kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus,” jelas dia.

Baca Juga   HM Hartopo : Kudus Berstatus Zona Kuning

TP PKK Kudus sangat mendukung untuk pengembangan Rumah Gizi. Biasanya sudah ada kader dan ahli-ahli yang bisa membantu di tempat ini.

“Kita kasih sosialisasi dari dinas-dinas terkait dan biasanya seperti itu bantuannya,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Muslimah menjelaskan, terkait dengan adanya Rumah Gizi ini memang DKK yang membuat inovasi mewakili Pemda. Awalnya, untuk penurunan angka stunting yang ada di Kabupaten Kudus.

“Saat ini stunting di Kudus rata-rata 68 ribu. Stunting di Kabupaten Kudus ini menurun karena sasarannya juga menurun. Posyandu juga ada yang mengadakan dan ada yang tidak, jadi menurun enam koma sekian persen itu karena sasarannya juga menurun,” papar dia.

Baca Juga   Tudingan "Wartawan Bodrex" Media Online

Lebih lanjut, pihaknya berharap di rumah gizi ini ada dokter yang mengawasi, kemudian psikologi, ahli fisioterapi, dan ahli gizi.

“Semua tenaga medis memang di-full-kan di sini biar angka stunting di Kabupaten Kudus bisa menurun,” ungkapnya.

 

Reporter : Siti Rahayu

Editor : Sifa Handayani

Tinggalkan Balasan