KKN-IK IAIN Kudus dalam menyukseskan Tradisi Sedekah Bumi, di masa pendemi.

Kudus – Jawa Tengah | centininews.co.id , 6 September 2021. Mahasiswa IAIN Kudus yang sedang melaksanakan Kuliah kerja nyata terintegrasi kompetensi (KKN-IK) di desa Undaan Tengah , membantu dalam mensukseskan acara sedekah bumi di desa Undaan Tengah.
Tradisi sedekah bumi ini dilaksanakan di desa Balaidesa Undaan Tengah, Sedekah bumi yang dilaksanakan di masa pandemi ini cukup berbeda dengan sebelum pandemi, sudah 2 tahun belakangan ini sedekah bumi dilaksanakan dalam masa pandemi sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bapak Dedi Arisanto S.E selaku Kepala Desa di Undaan Tengah menuturkan bagaimana rundown acara dalam sedekah bumi di desa Undaan Tengah ini, mulai dari penyembelihan hewan kerbau, pendistribusian kepada seluruh masyarkat dan acara bancaan yang dilakukan malam hari.
“Dulu sedekah bumi dilaksanakan dengan dimeriahkan pagelaran ketoprak, tetapi sekarang dimasa pandemi hanya dengan penyembelihan hewan, pendistribusian kepada masayarakat dan cara syukuran, dalam istilah jawa bancaan” ujar bapak kepala desa.

Baca Juga   Banjir pekan ketiga, ratusan keluarga di Kudus bertahan di pengungsian

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus langsung terjun membantu dalam mengikuti acara sedekah bumi tersebut bersama dengan seluruh perangkat desa dan beserta isteri untuk membagikan Nasi Ceteng kepada seluruh warga desa Undaan Tengah sebanyak 1767 KK.
Dalam masa pandemi ini justru tradisi harus tetap dilestarikan sesuai kondisi sekarang dengan protokol kesehatan ketat, agar tradisi tidak hilang dan terus berjalan, pelestrian tradisi tentunya bisa dilaksanakan dengan berbagai cara meskipun dengn tujuan yang tetap sama yaitu berdoa bersama untuk keselamatan bumi terutama desa Undaan Tengah.

Dosen H. Ahmad Shofi Muhyiddin, M.S.I selaku dosen pembimbing lapangan di desa undaan tengah juga memberikan respon positif terkait mahasiswa KKN-IK yang langsung terjun kelapangan kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan di Undaan Tengah.

Baca Juga   Cara Mudah Dapat Kartu Tani

“Alhamdulillah, saya senang karena melihat mahasiswa KKN-IK di desa Undaan Tengah bisa langsung terjun kelapangan tanpa ada sungkan dan malu, Sedekah bumi ini kan diadakan sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah atas hasil melimpah. Tidak hanya itu, sedekah bumi juga merupakan simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar. Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini. Meskipun negeri ini sedang dilanda pandemi, namun Allah masih melimpahkan karunia-Nya yang tersimpan di bumi ini. Maka hal ini wajib kita syukuri. Terlebih tidak hanya itu, sedekah bumi ini juga merupakan cerminan solidaritas sosial yang perlu dikembangkan di tengah pandemi Covid-19.” Ujar Bapak Dosen

Baca Juga   Lakalantas Truk Boks dan Sepeda Motor di Jalan Raya Mangkang

Alvina Safitri, selaku perwakilan dari KKN-IK IAIN Kudus 2021 selalu berharapnya untuk semua agar kegiatan tradisi seperti ini selalu dilaksanakan dan tidak hilang meskipun dalam masa pandemi seperti ini dan Mahasiswa KKN-IK agar bisa menjalankan seluruh program yang sudah di rencanakan untuk kegiatan satu bulan kedepan di desa Undaan Tengah dengan tujuan yang semestinya (AS)

Tinggalkan Balasan