DPRD Kudus Bedah Ranperda KUA PPAS APBD 2021 Pemulihan Kegiatan Ekonomi Masyarakat

CENTININEWS, KUDUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus melaksanakan Bedah Ranperda KUA PPAS APBD 2021 bersama sejumlah akademisi dan pakar. Legislator memastikan jika anggaran yang akan dialokasikan dalam APBD Kabupaten Kudus 2021 harus mengarah pada kepentingan rakyat.

Bedah Ranperda KUA PPAS APBD 2021 yang digelar oleh DPRD Kabupaten Kudus, antara 23-25 Oktober 2020. Sejumlah prioritas pembangunan untuk urusan wajib seperti kesehatan, pendidikan hingga infrastruktur.

“Bedah Ranperda  KUA PPAS APBD Kabupaten Kudus 2021 memang sengaja kami lakukan demi pendalaman tugas. Sebab, saat ini proses pembahasan KUA PPAS APBD Kabupaten Kudus 2021 masih dalam proses,”kata Muhtamat anggota DPRD Kudus

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada sehingga para legislator memiliki wawasan dan bekal lebih baik dalam menjalankan fungsi legislasi yang diembannya.

Baca Juga   Audiensi bersama, Plt Bupati Kudus cabut laporan pencemaran nama baik

Akademisi UNS, Dr Mulyanto yang menjadi salah satu narasumber kegiatan, menyebut pembahasan APBD harus selaras dan sejalan dengan APBN. Di masa pandemi, RAPBN 2021 juga  diselaraskan dengan tujuan pemulihan kegiatan ekonomi masyarakat.

“Prioritas anggaran sudah ditentukan diantaranya untuk kesehatan, pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi, ketahanan pangan, perlindungan sosial, infrastruktur dan pariwisata. Kebijakan daerah harus sinkron dengan APBN,”tandasnya.

Dengan prioritas sebagaimana tersebut di atas, maka kebijakan daerah harus difokuskan pada ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, SDM yang berdaya saing, infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar.

Di tempat sama Ismail Amir turut sebagai narasumber mengatakan, untuk menjaga sinergitas dan konsistensi kebijakan pusat dan daerah, dalam penyusunan KUA PPAS APBD Kudus 2021 harus disusun berdasar pada Permendagri 64/2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2021.

Baca Juga   Foto dan video banjir bercampur limbah di Kudus

Untuk mencapai target perencanaan pembangunan jangka menengah, maka kebijakan keuangan juga harus mencerminkan sebagai kebijakan pemantapan capaian kinerja mewujudkan visi Kudus Bangkit Menuju Kabupaten Modern, Religius, Cerdas dan Sejahtera.

“Selain harus sinkron dengan kebijakan pusat, kebijakan keuangan daerah juga harus mendukung visi dan misi daerah yang tertuang dalam RPJMD,”tandasnya. (*/ap)

Tinggalkan Balasan