Cara Dapatkan Kartu Tani

Sosialisasi Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus bersama petani. (Foto: Siti Rahayu/centininews)

 

Centininews, Kudus – Mengikuti kebijakan pemerintah pusat saat ini yang bakal memberlakukan kartu tani, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus memberikan pendampingan dan menyosialisasikan di lapangan pada petani, agar bisa membeli pupuk bersubsidi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto, menyampaikan kepada petani yang belum memiliki kartu tani segera mengurusnya supaya bisa membeli pupuk bersubsidi. Persyaratannya, antara lain fotokopi KTP, KK dan tupi (PBB Sawah). Bisa langsung dibawa ke penyuluh pertanian masing-masing desa atau juga langsung ke Kantor BPP Mejobo di dekat Balai Desa Kirig.

Baca Juga   DPC PKS Mejobo Laksanakan Qurban Sesuai Protokoler Kesehatan

“Bagi yang sudah punya namun hilang atau lama tidak dipakai sehingga PIN-nya nutup, bisa juga langsung ke Kantor BPP. Kantor ini adalah kantornya njenengan semua para petani. Jadi tidak perlu takut atau sungkan untuk datang dan berdiskusi atau konsultasi dengan penyuluhnya ,” kata Catur Sulistiyanto di hadapan para petani di pinggir embung Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Sabtu (29/8).

Terkait dengan geografis Desa Gulang yang banyak rawa dan menjadi sarang tikus, para petani diingatkan untuk tidak menggunakan aliran listrik sebagai upaya pembasmian. Namun bisa menerapkan program gropyokan dan penyemprotan menggunakan obat. Namun, lebih baik lagi adalah menggunakan predator alami tikus, yaitu burung hantu.

Baca Juga   SURURI AJUKAN GUGATAN KE PT PURA DAN PEMKAB KUDUS

“Nantinya kalau sudah ada rubuha (rumah burung hantu), semua petani diminta untuk mengingatkan masyarakat lainnya untuk tidak menembaknya. Maka akan berkembang terus dan mengendalikan hama tikus. Jadi, sekali lagi kami ingatkan agar petani tidak menggunakan setrum listrik. Selain membahayakan diri sendiri, juga bisa terancam pidana apabila terkena orang lain,” ungkapnya. (SR)

Tinggalkan Balasan