Bea Cukai Kudus Musnahkan 11 Ton Rokok Ilegal

CENTININEWS, KUDUS – Bea Cukai Kabupaten Kudus melaksanakan pemusnahan 11 ton rokok ilegal Kamis, (22/10/2020).  Setidaknya 6,5 juta batang rokok yang dimusnahkan tersebut memiliki nilai mencapai Rp 5,087 miliar.

Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus, Gatot Sugeng Wibowo menjelaskan barang milik negara yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan dari bulan Februari hingga Juli 2020.

“Kita hari ini memusnahkan 6,5 juta batang rokok yang diperkirakan mencapai Rp 5,087 miliar hasil peninndakan Bea Cukai Kudus periode Februari hingga Juli 2020,” jelas Gatot kepada wartawan di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KHIT) Jalan Lingkar Timur nomor 216 Megawon, Kecamatan Jati, Kudus.

Ada beberapa jenis barang milik negara yang dimusnahkan, yakni alat pemanas sebanyak 15 buah, pita cukai yang diduga palsu sebanyak 4.579 keping, Sigaret Kretek Mesin (SKM) sebanyak 6.521.294 batang, dan Sigaret Kretek Tangan (SKT) sebanyak 11.880 batang

Baca Juga   Kecelakaan di Tol Solo-Ngawi Tewaskan Pengemudi

“Dengan perkiraan berat 11 Ton dan perkiraan nilai barang Rp 5.087 miliar dan kerugian negara Rp 3.080 miliar,” tegas dia.

Sementara Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi memastikan pihaknya akan menindak peredaran rokok ilegal di wilayahya.

“Kami akan tindak tegas sampai kapanpun, kegiatan ilegal akan kami tuntut. Kami akan lakukan operasi gempur agar tidak ada peredaran rokok ilegal,” katanya.

Kedepan Heru berharap agar ke depan pengusaha rokok ilegal bisa menjadi pengusaha legal dengan mengurus perizinan sesuai aturan yang ada. “Kami berharap agar pengusaha rokok ilegal nanti bisa masuk di kelas pengusaha rokok legal,” jelas Heru saat siaran virtual dengan Bea Cukai Kudus siang ini. (sr/ap)

Tinggalkan Balasan