Bantuan Modal Rp5 Juta di Kudus Diperebutkan Ribuan Pelaku Usaha

CENTININEWS, KUDUS – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal memberikan bantuan modal usaha sebanyak 500 orang wirausaha di tahun 2021. Meski demikian, hingga Oktober 2020 ini, sudah ada dua ribu pendaftar.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, UKM Kabupaten Kudus Anggun Nugroho.

“Sampai Oktober kemarin itu sudah ada dua ribu pendaftar. Usahanya beragam, paling banyak usaha makanan, minuman, salon dan toko kelontong,” jelasnya saat ditemui di kantor Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, UKM Kabupaten Kudus, Jumat (13/11).

Untuk saat ini, berkas pendaftar tengah ditahap penyeleksian. Pihaknya mengaku, untuk tahun depan, dalam satu desa hanya diperbolehkan lima orang saja dan harus sudah memiliki usaha.

Baca Juga   Ganjar Pastikan Upah Minimum Jateng Naik Meski Edaran Menaker Minta Tetap

“Proposal kan juga sudah banyak yang masuk. Nantinya kami verifaksi dulu mulai dari administrasi, harus memliki usaha dulu, lima orang per desa, tidak boleh satu KK dan juga usahanya jadi satu,” tegas Anggun.

Pada tahun 2021 wirausaha baru binaan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, UKM Kabupaten Kudus akan mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp5 juta untuk setiap pelaku usaha.

Melalui bantuan modal usaha, Anggun berharap semakin banyak wirausaha yang ada dan bisa memajukan perekonomian di Kabupaten Kudus.

“Tentunya dengan tumbuhnya usaha baru bisa memberi stimulan dan bisa berkembang sekaligus menjadi UKM binaan dinas,” ungkapnya. (sr/ap)

Tinggalkan Balasan